Lifestyle

Bus Dengan Atap Taman, Cara Madrid Pertahankan Kehijauan Lingkungan

Masyarakat di Madrid memiliki cara unik untuk mempertahankan kehijauan lingkungan dengan kendaraan mereka. Tidak seperti mobil hybrid atau listrik, namun Pemerintah Spanyol menghadirkan konsep unik, yakni “muevete en verde” atau dalam bahasa Inggris, “move in green”. Konsep “muevete en verde” adalah membuat taman kecil di atap bus kota.

Untuk menekan polusi udara, pemerintah kota Madrid punya solusinya. Proyek itu akan memperlihatkan beberapa tanaman yang dipasang di atap-atap sejumlah bus kota. Diharapkan, tanaman di atas atap itu akan membantu menyerap CO2 berlebih.

Project manager Muevete en Verde Jose Antonio Antona mengatakan, adanya tanaman di atap bus diharapkan bisa membantu menyerap emisi karbondioksida dari kendaraan di kota.

“Setiap taman akan dibentuk sedemikian rupa. Kemudian ditahan menggunakan jerat logam dan bahan lain untuk menahannya saat bus melaju dan juga agar tidak merembes saat disiram air,” ujar Antona.

Taman kecil di atap bus ini mirip seperti taman atap yang semakin populer untuk rumah pribadi maupun bangunan umum. Kebun serupa juga akan dipasang pada sejumlah tempat penampungan bus.

Saat ini konsep taman hanya diaplikasikan pada rute nomor 27 dan 34 di Kota Madrid. Kedua rute tersebut bisa mengangkut penumpang dalam jumlah banyak tiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *