Zbee, Kendaraan Listrik Pengganti Bajaj Siap Meluncur di Indonesia

mobilxmotor
June 1, 2013 - 14:58 pm

Jakarta, MOBILXMOTOR.com – Perusahaan mobil listrik asal Swedia, Clean Motion siap meluncurkan kendaraan listrik roda tiga, ZBee di Indonesia pada 12 Juni 2013. Kendaraan listrik Zbee di Indonesia sekaligus sebagai world premiere debut ZBee. DImana akan diluncurkan di Balaikota Jakarta. Kendaraan listrik besutan perusahaan Swedia ini di Indonesia akan menggantikan angkutan umum Bajaj yang saat ini sudah terlalu tua dan menimbulkan polusi yang tidak ramah terhadap lingkungan.

Menariknya, ZBee ini akan diproduksi di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Dimana akan di produksi di pabrik yang berlokasi di Jawa Timur yang memiliki kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun. Zbee yang hadir di Indonesia merupakan model terbaru generasi ketiga yang mendapat revisi dari model pendahulunya. Secara desain Zbee memiliki konsep seperti bajaj, yakni kendaraan mini beroda tiga yang lincah. Namun Zbee memiliki desain yang lebih modern dan yang paling penting Zbee merupakan kendaraan dengan emisi 0 sehingga lebih hijau sehingga mengurangi polusi udara Jakarta.

Zbee Pengganti Bajaj Indonesia Zbee, Kendaraan Listrik Pengganti Bajaj Siap Meluncur di Indonesia Gambar Foto Wallpaper

Zbee diperkuat oleh mesin listrik bertenaga 4KW dimana dalam keadaan tenaga terisi penuh mampu menempuh jarak sejauh 50 km. Kendaraan mini dengan bobot 250kg ini memiliki kecepatan maksimal hingga 45 km/jam. Di Swedia sendiri, Zbee diposisikan seperti sepeda, bahkan di negara asalnya ini, untuk mengendarai Zbee tidak dibutuhkan lisensi surat izin mengemudi.

Spesifikasi Singkat Zbee

  • Dimensi : 2.400×1.250×1.500 mm (PxLxT)
  • berat    : 230 kg karena body berbahan FRP (Fibre Reinforced Plastic)
  • fitur keamanan sabuk pengaman tiga titik
  • power 2-4 KW atau setara 2,68 HP hingga ,36 HP
  • Ttingkat efisiensi 4 kWh per 100 km.