Suzuki Siapkan 3 Kandidat Mobil Murah di Indonesia

Kuala Lumpur, MOBILXMOTOR.com – Regulasi pemerintah tentang mobil murah ramah lingkungan, low cost green car (LCGC) baru saja diterbitkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor.

Produsen mobil di Indonesia tengah mempersiapkan varian mobil murahnya yang akan dimasukkan dalam program LCGC, salah satunya adalah Toyota dan Daihatsu dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang lebih dulu dipekenalkan sejak tahun lalu melalui Indonesia International Motor Show 2012 silam. Suzuki juga tidak mau ketinggalan dengan mempersiapkan beberapa kandidat calon mobil murah LCGC di Indonesia.

Seperti yang diungkapkan oleh Joko Utomo selaku GM Marketing Brand II 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bahwa saat ini pihaknya siap bermain di segmen mobil murah LCGC, bahkan telah memiliki 3 calon varian yang sedang diuji di Indonesia. “Saat ini ada tiga varian yang kami sedang pelajari, Suzuki Alto, Suzuki A-Star dan Suzuki Wagon R. Salah satunya bisa menjadi andalan kami di segmen Low Cost Green Car,” beber Joko Utomo di Kuala Lumpur saat test drive Suzuki Swift Sport, beberapa waktu lalu

Seperti yang telah kita ketahui, Suzuki sendiri lebih dikenal sebagai pabrikan mobil kecil atau disebut dengan kei car di negeri asalnya. Lebih lanjut Joko juga mengatakan bahwa Suzuki harus memikirkan dan mempertimbangkan segala aspek secara matang terkait mobil yang akan dihadirkan sebagai vaian LCGC di Indonesia. Dimana mobil tersebut diproyeksikan akan menjadi backbone penjualan Suzuki Indonesia bila peraturan LCGC telah benar-benar diresmikan.

“Banyak yang harus dipersiapkan dan tidak boleh salah langkah. Dari sektor mesinnya, efisiensi bahan bakar, penggunaan komponen lokal, sampai harga jualnya, semua harus sesuai dengan peraturan yang ada nantinya,” tutup Joko.