Hyundai Eon, Mobil Murah Pesaing Agya-Ayla

mobilxmotor
May 9, 2013 - 6:04 am

MOBILXMOTOR.com – Kebijakan regulasi tentang mobil murah amah lingkungan (LCGC) di Indonesia dikabarkan akan segera diresmikan dalam waktu dekat. Bahkan Toyota dan Daihatsu telah memperkenalkan varian mobil murahnya, yakni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Pabrikan otomotif lain pun sudah bersiap-siap, seperti Suzuki yang akan menghadirkan mobil murahnya dengan Wagon R atau Suzuki Alto, lalu KIA yang dikabakan akan menggunakan Picanto Spec-down disesuaikan dengan LCGC.

PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) nampaknya tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan model mobil murah ramah lingkungan. Seperti yang diungkapkan oleh Jongkie D.Sugiarto, Presiden Direktur HMI. Pihaknya pasti akan mendatangkan mobil murah, seperti yang telah dilakukan ATPM lain. Namun belum ada kepastian model apa yang akan digunakan sebagai mobil murah LCGC di Indonesia. Menurut bocoran beberapa sumber, Hyundai Eon yang akan hadir sebagai mobil murah di Indonesia.

Hyundai Eon adalah mobil kecil yang telah dipasarkan di India. Dibanderol dengan harga sekitar Rp 46 juta. Menggunakan mesin berkapasitas 814cc 3-silinder yang mampu mengeluarkan tenaga tertinggi hingga 56 ps pada putaran 5500 RPM dan torsi sebesar 75 Nm pada 4000 RPM.

Mobil kecil Hyundai ini memiliki dimensi yang kompak, yaitu panjang 3495mm, lebar 1550mm dan tinggi 1500mm serta wheelbase 2380mm. Dengan bobot sebesar 772 kg. Pada bagian eksterior, mobil murah dilengkapi dengan lampu kabut pada bagian depan dan belakang, dengan garis desain memanjang khas mobil-mobil besutan Hyundai.

Bagian Interior Hyundai Eon 2013, pada kabinnya dilapisi dengan corak dua warna. Tidak lupa dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti airbag untuk bagian depan, kunci sentral, power window. Lalu terdapat fitur pengereman ABS (Anti Lock Brake System) pada bagian roda depan, dan roda belakang menggunakan model tromol. Bagian kaki-kaki menggunakan suspensi MacPherson untuk depan dan Torsion Beam axle untuk bagian belakang. Kita tunggu saja kehadiran Hyundai Eon di Indonesia.

[nggallery id=2]