Keunggulan Suzuki Karimun Wagon R

R Elfian Syahroni
October 6, 2013 - 17:14 pm

Mobilxmotor.com – Dengan adanya program mengenai mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost and green car (LCGC) membuat beberapa produsen meluncurkan produk murahnya ke tanah air, tidak terkecuali dengan Suzuki yang turut membawa Karimun Wagon R. Bahkan, DGM Marketing Brand & Product Development PT SIS, Joko Utomo mengatakan, untuk bersaing dengan LCGC lainnya, Suzuki Karimun Wagon R ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mengandung unsur SUPER. “SUPER itu merupakan singkatan dari spacious, useful, practical, efficient, reasonable,” kata Joko,

Dan apa sajakah masing-masing fitur SUPER itu?

Spacious

Dengan tubuh kompak dan persegi, tapi interior mobil ini sangat luas dan lapang dklaim yang dapat dinikmati bahkan dengan lima penumpang di dalam mobil pada waktu yang sama. Posisi tinggi pengemudi diklaim dapat membuat pengemudi memiliki visibilitas yang luas, sehingga mudah bagi pengemudi untuk mengemudi. Tinggi posisi duduk 710 milimeter dari permukaan, membuat pengguna mudah untuk duduk, dan dilengkapi dengan pintu yang dapat dibuka selebar 77 derajat.

Useful

Selain luas, ruang bagasi juga dapat dibuka cukup lebar dan jarak bagasi dari tanah adalah 725 milimeter, sehingga ketika memasukkan barang yang berat hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk memasukkannya. Barang bagasi juga dapat diperluas dengan melipat kursi belakang.

Practical

Meski terlihat kecil, ternyata mobil ini memiliki banyak kompartemen penyimpanan. Di antaranya adalah sebuah nampan (tray) yang terletak di bawah kursi penumpang, kursi depan dan belakang dilengkapi dengan wadah minuman yang dapat menampung 660 mililiter ukuran botol plastik. Secara keseluruhan, mobil ini memiliki 11 kompartemen multifungsi dalam kabin.

Eficient

Dengan menggunakan generasi terbaru dari mesin K10B, dan DOHC, mobil ini diklaim sangat ringan namun bertenaga, Multi Point Injection dan dengan sistem penggerak roda depan. Mesin ini juga menggunakan Metal Timing Chain atau dengan rantai besi yang bisa menekan biaya perawatannya, sehingga lebih murah dan tahan lama dibandingkan dengan yang berbahan karet. Karimun Wagon R ini juga dilengkapi dengan Intake Manifold berbahan plastik untuk meminimalkan penguapan bahan bakar dari radiasi mesin. Dan dengan mesin yang lebih ringan, akan memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih.

Reasonable

Dan keunggulan terakhir dari Karimun Wagon R adalah dengan harga yang terjangkau, yang dibandrol mulai dari Rp 77 – 99,9 juta yang dihadirkan dengan tiga varian, yaitu GX, GL, dan GA. Harga yang sangat kompetitif dibandingkan dengan mobil murah lainnya, yang dengan harga tersebut akan berhadapan secara langsung dengan Daihatsu Ayla.