Kupas Tuntas Suzuki Karimun Wagon R, Kelebihan dan Kekurangan

Giovanni
October 8, 2013 - 8:23 am

Mobilxmotor.com – Suzuki Indonesia pada IIMS 2013 yang diadakan akhir bulan lalu memamerkan mobil murahnya, Karimun Wagon R. Mobil ini tersedia dalam tiga varian, GA, GL dan GX. Dan kali ini kita akan membahas secara mendetail bagaimanakah mobil murah dari Suzuki ini.

Exterior Suzuki Karimun Wagon R

Dari semua mobil murah di Indonesia, salah satu bentuk yang paling menonjol adalah Suzuki Karimun Wagon R dengan desain boxy nya. Dengan mobil murah lainnya berbentuk hatchback. Dari luar, tampak bentuk tubuhnya terlihat kompak, dengan grill yang kecil.

Bentuk headlamp juga cukup minimalis tapi tidak mengurangi pencahayaan saat berkendara di malam hari. Begitu juga dengan desain lampu belakang dengan desain yang cukup minimalis. Dilengkapi juga dengan roof rail yang membuat penampilan lebih gagah dan membuatnya lebih mudah ketika datang untuk membawa barang di atap. Untuk roof rail hanya tersedia pada GX dan GL saja.

Interior Suzuki Karimun Wagon R

Setelah Exterior, kini saatnya melihat interior dari Suzuki Karimun Wagon R. Kabin dari Wagon R ini terlihat lapang dengan pintu yang dapat dibuka lebar. Mobil ini memiliki headroom yang tinggi dan legroom yang lebar yang memberikan kenyamanan kepada dan ruang untuk kaki tinggi bebas untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dan sopir. Dengan ketinggian yang cukup tinggi yakni 178 cm. Di belakang kemudi juga nyaman karena memiliki atap yang tinggi dan pemandangan luas ke depan melalui desain kaca depan yang juga lebar dan tinggi. Desain dashboard yang modern dengan panel intrumen ditata sedemikian rupa seingga mudah untuk dijangkau. Semua dari arian juga dilengkapi dengan AC dengan pilihan 4 kecepatan dan kontrol suhu untuk kenyamanan semua penumpang.

Keamanan Suzuki Karimun Wagon R

Meskipun memiliki harga yang cukup murah mulai dari Rp 77 juta sampai Rp 99 juta, Karimun Wagon R masih dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan. Immobilizer dan alarm yang membuat mobil tersebut hanya dapat dinyalakan dengan kunci asli sehingga lebih aman dari pencurian. Tidak hanya itu, ada juga Child Proof Door Lock sehingga pintu tidak dapat dibuka dari dalam dan membuat kita merasa lebih nyaman ketika membawa anak-anak.

Performa Suzuki Karimun Wagon R

Datang dengan generasi baru mesin K10B 1.000 cc DOHC 3-silinder, liquid-cooled, sistem penggerak roda depan, dan multi-point injeksi. Kompresi rasio 10,0, yang menghasilkan tenaga hingga 67 PS pada 6.200 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500. Mesin ini diklaim mampu berjalan 22,8 km dengan 1 liter bensin.

Keunggulan Suzuki Karimun Wagon R

  1. Memiliki kabin yang lapang dan memiliki desain dashboard modern.
  2. Banyak memiliki kompartemen seperti back seat pocket, rear cup holder, cup holder, glove box, coin tray dan central pocket.
  3. Dengan ukurannya yang kecil, bisa melalui jalanan yang sempit.

Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R

  1.  Tempat charger handphone dirasa kurang tepat sehingga ruang kemudi dirasa menjadi lebih sempit.
  2. Di dalam kabin terasa agak bising, suara-suara dari luar masih dapat didengar di dalam dengan jelas.