Toyota New Yaris 2014 Akan di Rakit di Indonesia

mobilxmotor
May 13, 2013 - 5:22 am

Jakarta, MOBILXMOTOR.com – Toyota Motor Corporation (TMC) akan memproduksi New Yaris 2014 sekaligus menjadikan Indonesia sebagai basis produksi hatchback baru Tooyota tersebut. Hal ini sesuai yang dilansir dari laman iotomotif, keputusan basis produksi All-New Yaris di Indonesia akan diumumkan prinsipal Juni mendatang.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Toyota merakit Etios Valco sebagai model ke-3 nya yang dirakit di Indonesia. Etios Valco sendiri di rakit di pabik kedua PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Di pabrik baru Toyota inilah, telah dipersiapkan rencana jangka panjang merakit New Yaris, Fortuner, sepenuhnya diserahkan ke TMMIN. “Model kedua yang mau dirakit di pabrik kedua, sudah on-track. Tinggal diputuskan, apakah dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan,” jelas sumber TMMIN.

Hal senada juga diungkapkan Johnny Darmawan, selaku Wakil Direktur Utama TMMIN yang mengatakan, jika Indonesia akan jadi basis produksi salah satu model andalan Toyota. “Nanti ada model lain, (Indonesia) jadi basis produksi, lebih besar lagi (kapasitasnya),” jelas Johnny. Belum ada kejelasan, apakah Yaris yang diproduksi di Indonesia model baru atau facelift. Namun sudah jelas yang akan diproduksi di pabrik tersebut adalah New Yaris Facelift yang sebelumnya telah debut di Auto Shanghai 2013 beberapa waktu lalu (Baca: All-New Yaris 2014 Asia-Spec Debut di Shanghai).

Pabrik kedua TMMIN di Karawang mulai beroperasi bulan ini dengan produksi Etios Valco sebanyak 70.000 unit hingga akhir tahun 2013. Dengan kapasitas penuh mencapai 140.000 unit. “Itu satu shift dan belum termasuk lembur dan lain-lain. Kalau dilakukan bisa bertambah 20 persen lagi,” tambahnya.