Nissan DAYZ dan Mitsubishi eK Mulai Diproduksi di Jepang

mobilxmotor
May 21, 2013 - 4:15 am

Mizushima, MOBILXMOTOR.com – Nissan dan Mitsubishi mulai memproduksi mobil kecil perkotaan, Nissan DAYZ dan Nissan DAYZ Highway Star serta Mitsubishi eK Wagon dan Mitsubishi eK Custom hari ini (20/5/2013) di fasilitas pabrik Mizushima. Kesemua model hasil kolaborasi Nissan-Mitsubishi tersebut akan mulai dijual di Jepang mulai bulan Juni 2013.

Mobil kecil Nissan DAYZ maupun Mitsubishi eK menawarkan sejumlah keunggulan yang belum ada pada kompetitornya terutama soal efisiensi keiritan penggunaan bahan bakar. Berbagai fitur untuk menunjang kegiatan berkendara juga disematkan pada mobil kecil ini, seperti fitur system AC otomatis ber-touchscreen dan interior berkualitas tinggi.“Mobil-mobil tersebut direncanakan dan dikembangkan oleh NMKV, perusahaan patungan antara Nissan dan Mitsubishi,” Ucap Toshiyuki Shiga, COO Nissan. NKMV sendiri menjadi perusahaan otomotif join venture pertama di Jepang antara Mitsubishi, Nissan dan NMKV.

“Model-model tersebut merupakan satu kombinasi keahlian masing-masing perusahaan dan tetap mempertahankan keunggulan individualitas tiap-tiap merek.” Setelah memasarkan model mobil kecil DAYZ dan eK, NMKV berencana akan memproduksi model kedua yang berupa wagon kecil beratap tinggi yang akan dirilis pada 2014 mendatang.

Mitsubishi eK Nissan DAYZ dan Mitsubishi eK Mulai Diproduksi di Jepang Gambar Foto Wallpaper Nissan DAYZ Nissan DAYZ dan Mitsubishi eK Mulai Diproduksi di Jepang Gambar Foto Wallpaper

Menurut IHS Automotive, pasar mobil kecil (Kei Car) akan menjadi tren seiring berakhirnya insentif pemerintah untuk mobil ramah lingkungan di Jepang. “Penting meluncurkan mobil mini jika ingin meningkatkan penjualan di pasar Jepang. Pasalnya, penjualan segmen ini terus meningkat,” komentar Kohei Takahashi, analis dari JP Morgan Chase & Co di Tokyo, yang dilansir Bloomberg, kemarin (19/5/2013). Kembaran kedua merek ini akan menantang Honda N-box dan Daihatsu Move.

via: mitsubishi-motors.com