Hingga saat ini perdebatan mana yang lebih baik antara mobil dengan sistem penggerak RWD atau FWD masih cukup panas. Masing-masing kubu mempertahankan pendapatnya masing-masing.   Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis sistem penggerak roda yang populer yaitu RWD dan FWD selain AWD maupun 4WD. Namun dalam artikel ini khusus membahas kelebihan dan kekurangan dari FWD dan RWD.

Apa itu FWD dan RWD? FWD atau kepanjangan dari  Rear Wheel Drive adalah sistem mobil menggunakan sistem penggerak roda belakang, sementara untuk FWD atau Front Wheel Drive menggunakan sistem penggerak roda depan. Jika dilihat memang berbeda dalam hal penggerak roda, bahkan tujuan dari RWD dan FWD juga tidak sama. Kedua sistem penggerak pada mobil ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Sistem Penggerak Mobil FWD vs RWD
Sistem Penggerak Mobil FWD vs RWD

RWD (Rear Wheel Drive)

Pada umumnya untuk sistem penggerak ini banyak disematkan pada kendaraan mewah ataupun Mobil sport. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh RWD adalah handling atau pengendalian yang cukup baik terutama saat melintasi tikungan.

Soal daya tahan juga lebih unggul, ditambah lagi sistem penggerak RWD juga dapat dipadukan dengan mesin berkapasitas besar dan performa yang dihasilkan juga cukup bagus. Dengan menggunakan sistem RWD mampu membawa beban yang lebih berat meskipun mesin kecil yang digunakan.

Keunggulan lain yang dimiliki adalah power steering yang lebih ringan. Ditambah lagi radius putar yang dimiliki lebih patah atau dalam, karena tidak dibatasi oleh drive shaft dan ruas rotasi roda juga lebih lega. Namun penggunaan sistem penggerak ini bisa saja mengalami oversteer ketika sengan dalam kecepatan yang tinggi.

Meskipun begitu, ternyata terdapat kekurangan yang dimiliki oleh sistem penggerak RWD. Dimana saat melintasi tikungan akan mudah tergelincir, dalam hal ini justru penggemar drifting ataupun slalom akan memilih mobil RWD. Namun untuk akselerasi akan sedikit kurang pada bagian awalnya.

Kelemahan lain yang dimiliki adalah terdapat gardan yang menjadikan posisi ruang kaki menjadi sedikit terganggu. Mengingat terdapat terowongan yang diperuntukkan untuk gardan yang letaknya berada di bagian bawah sasis. Gardan sendiri mempunyai fungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang.

Tidak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar yang dimiliki oleh Mobil dengan sistem RWD terbilang lebih boros, karena bobot yang dimiliki lebih berat dibandingkan Mobil dengan sistem FWD.

FWD ( Front Wheel Drive)

Pada Mobil dengan sistem penggerak roda depan dapat melakukan akselerasi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan mesin kendaraan akan menarik beban, tidak seperti RWD yang mendorongnya. Bahkan saat melakukan akselerasi roda Mobil tidak akan mudah mengalami selip.

Kelebihan yang dimiliki sistem penggerak FWD lainnya adalah memiliki radius putar lebih bagus apabila dibandingkan dengan RWD. Sehingga saat melintasi tikungan akan lebih tajam dan cepat. Tidak hanya itu saja, bahkan harga pembuatannya lebih murah. Pada FWD as roda depan terhubung langsung dengan transmisi Mobil dan juga mesin, sehingga tidak perlu melalui gardan seperti RWD. Oleh sebab itu dilihat dari komponen akan lebih sedikit dan mempunyai bobot yang lebih enteng.

Dalam hal efisiensi keiritan BBM, dengan bobot yang dimiliki membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan mesin lebih bertenaga. Bahkan pada bagian lantai Mobil bisa mempunyai ruang kaki yang lebih lega dan dibuat rata baik untuk penumpang maupun pengemudi Mobil. selain itu, tingkat kesenyapan yang dimiliki oleh Mobil dengan sistem penggerak FWD terbilang lebih baik.

Kekurangan yang dimiliki oleh mobil sistem penggerak FWD tidak dapat membawa beban yang terlalu berlebih. Selain itu dalam hal perawatan juga lebih banyak menghabiskan uang dibanding RWD. Pada bagian suspensi diharuskan mempunyai kualitas yang baik, mengingat kaki-kaki yang dimiliki oleh Mobil jenis ini mempunyai umur yang lebih pendek. Jadi hal tersebut juga merupakan salah satu faktor yang menjadikan harga mobilnya lebih mahal. Ditambah lagi saat melintasi jalan yang tidak beraspal atau saat melintasi jalan licin di tanjakan akan mudah mengalami selip.

Kekurangan Mobil FWD lainnya adalah beresiko terjadinya understeer. Jadi ban depan Mobil bisa kehilangan daya cengkram ketika sedang melintasi belokan. Pengertian understeer adalah efek limbung yang terjadi pada kendaraan karena adanya dorongan saat menikung oleh bobot kendaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here