Categories
Uncategorized

Knalpot Kemasukan Air Saat Banjir, Lakukan Hal ini

Banjir yang masih saja mengintai Jakarta dan kota-kota lain kerap membuat kita was-was. Apalagi yang sebelumnya sudah mengalami kebanjiran hingga lebih dari satu meter. Persoalan ini belum benar-benar selesai.

Semua tidak tenang. Hal yang sama juga terjadi pada mereka yang kerap melewati wilayah yang kerap tergenang banjir. Kendaraan bisa jadi rusak, apalagi kalau knalpot langsung kemasukan air. Jadi persoalan tersendiri.

Tak menutup kemungkinan mobil bakal tiba-tiba mogok di tengah jalan. Selanjutnya, Anda pun terpaksa meninggalkan kendaraan atau memilih untuk mendorongnya sampai ke area yang kering.

Sejatinya, ketika knalpot mobil kemasukan air banjir, Anda tak perlu panik. Kepanikan tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaliknya, masalah jadi makin runyam. Knalpot mobil yang kemasukan air sebenarnya bukan masalah besar, karena air tidak akan bisa masuk ke dalam mesin.

Keberadaan air dalam knalpot, memang bisa mengganggu kinerja mesin, tetapi tidak akan merusaknya secara langsung. Alih-alih masuk mesin, air banjir bakal tertampung pada bagian yang disebut catalytic converter yang berfungsi menyaring gas buang.

Air yang menumpuk pada catalytic converter, memang akan bikin mesin sulit menyala. Namun, seiring dengan pemakaian, genangan air pada bagian tersebut, akan berubah menjadi uap. Nah, problem yang lebih besar dan perlu menjadi perhatian bukan pada bagian knalpot, melainkan sistem kelistrikan mobil dan mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *